11 Manfaat Buah Naga Warna Merah dan Putih

Buah naga atau disebut Hylocereus polyrhizus adalah jenis buah tanaman family kaktus yang berasal dari amerika tengah yang kemudian menyebar ke asia tenggara. Awalnya yang saya tahu, buah naga dapat bermanfaat untuk mencegah kanker dan tumor. Tetapi setelah mempelajari lebih jauh, ternyata banyak sekali manfaat kesehatan buah naga untuk manusia, tidak hanya untuk mencegah kanker saja. Kandungan gizinya meliputi zat besi, kalsium, karotin, serat, vit B1, B2, B3, vit C, dll


Buah yang baik ditanam di dataran tinggi ini sekarang sudah banyak dibudidayakan oleh perusahaan perkebunan baik swasta maupun yang dikelola negara. Ada dua jenis buah naga yang banyak dibudidayakan yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Pada artikel ini kita akan belajar tentang berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari masing-masing jenis tersebut khususnya untuk kesehatan kita.

Manfaat Buah Naga Merah dan Buah Naga Putih:

  1. Mencegah Osteoporosis
    Kandungan kalsium alami yang terdapat di dalam buah naga membuat pembentukan tulang dan gigi menjadi efektif, sehingga dapat mencegah penyakit pengapuran tulang dan dapat mempercepat pembentukan gigi.
  2. Mencegah dan Mengobati Kencing Manis
    Kadar gula berbahaya yang terkandung di dalam buah naga merah maupun buah naga putih sangat kecil, sehingga sangat aman untuk penderita dibetes meskipun rasanya manis dan segar. Bahkan unsur antioksidan nya dapat menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan penyakit kencing manis.
  3. Mencegah Kanker
    Buah naga dengan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  4. Menurunkan Kolesterol Darah
    Kandungan vitamin B3 dalam buah naga cukup tinggi, hal inilah yang membuat buah naga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah
  5. Menghambat Penuaan Dini
    Salah satu manfaat buah naga yang paling disukai adalah dapat menghambat penuaan dini, kandungan antioksidannya menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.
  6. Menghaluskan Kulit
    Kadar vitamin dan serat yang terkandung di buah naga merah maupun putih dapat menghaluskan kulit wajah.
  7. Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi
    Buah naga dapat mencegah penyakit darah tinggi melalui serat dan kandungan gizi lainnya yang mampu membersihkan lemak darah dan melenturkan pembuluh darah, sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi.
  8. Membantu Pembentukan Janin Sehat
    Manfaat buah naga untuk ibu hamil adalah selain menjaga kesehatan ibu, juga untuk proses pertumbuhan janin. Kandungan kalsium dan vitamin B nya sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi sang bayi.
  9. Mengatasi Masalah Pencernaan
    Jika anda mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit atau bahkan ambeien, tidak ada salahnya anda coba mengkonsumsi buah naga secara teratur. Kandungan seratnya akan membersihkan dan membantu organ pencernaan anda.
  10. Menjaga Kesehatan Mata
    Sama dengan buah wortel, buah naga juga mengandung betakaroten yang tinggi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan mata
  11. Menghambat Pertumbuhan Sel Tumor
    Yang bermanfaat untuk hal ini adalah kulit dan daun buah naga, caranya diekstrak dahulu. 
Begitu banyak manfaat buah naga untuk kesehatan kita. Dan sekarang sudah banyak sekali budidayanya sehingga buah naga sudah bukan barang yang sulit ditemukan. Pastikan buah naga menjadi salah satu isi lemari es anda.

Pada saat akan membeli buah naga pastikan buah yang anda beli bersih dan tidak busuk. Pilihlah buah naga yang warnanya merah rata, tidak ada bekas luka atau memar di kulitnya, yang teksturnya agak embuk (matang), jika ingin anda simpan untuk persediaan beberapa hari ke depan pilihlah yang setengah matang.

Demikian artikel tentang manfaat buah naga untuk kesehatan kita. Pada postingan sebelumnya telah saya bahas tentang jenis-jenis tanaman hias asli Indonesia, mungkin bisa menjadi refrensi kebun halaman rumah anda.


Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 11 Manfaat Buah Naga Warna Merah dan Putih yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Berikut ini manfaat buah naga untuk kesehatan yang wajib anda ketahui. Buah naga merah dan putih memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kita. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top