5 Tanaman Obat Yang Wajib Ada Di Rumah


Tanaman obat merupakan jenis tanaman yang dapat berfungsi sebagai apotek hidup yang dapat anda tanam di sekitar rumah atau pekarangan anda. Jika anda mengalami penyakit, tanaman obat ini dapat berguna untuk pengobatan yang bersifat pencegahan atau pertolongan pertama. Biasanya tanaman obat ini disebut juga TOGA atau Tanaman Obat Keluarga.


Tanaman obat di sekitar rumah juga sangat bermanfaat untuk mengurangi penggunaan obat kimia yang harganya mahal, banyak efek samping dan sring kali berbahaya bagi ginjal. Berikut ini 5 tanaman yang dapat anda tanam sebagai tanaman obat di sekitar rumah anda:

  1. Kemangi
    Tanaman kemangi atau bahasa sundanya surawung ini sangat bermanfaat karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kemangi berguna untuk masalah kesehatan seperti: mengatasi bau mulut, mengobati sariawan, mengobati penyakit panu, dll.

    Untuk mengatasi bau mulut, ambil daun, biji dan akar kemangi lalu seduh dengan air panas, minum airnya saat pagi hari sebelum beraktifitas. Untuk sariawan, ambil sekitar 50 biji daun kemangi lalu kunyah hingga halus kurang lebih 3 menit lalu buang dan segera minum air hangat, lakukan 3x sehari. Untuk panu, haluskan segenggam daun kemangi lalu haluskan dan campur kapur sirih secukupnya, oleskan pada kulit yang terkena panu.
  2. Bawang Putih
    Kandungan yang paling menonjol dai bawang putih adalah minyak atsiri. Minyak atsiri bermanfaat untuk mengatasi darah tinggi, diare dan untuk stamina.

    Untuk mengatasi darah tinggi, ambil 3 siung bawang putih, cuci sampai bersih lalu ditumbuh dan dicampur air putih secukupnya dan diperas. Air perasan diminum, dan lakukan 3x sehari untuk hasil maksimal. Untuk diare, cukup ambil 5 buah bawang putih, blender dengan 150 cc air hangat, minum selagi hangat. Untuk stamina, makan 1 siung bawang putih dengan daun seledri pada waktu pagi dan sore.
  3. Bawang Merah
    Pilihlah bawang merah yang segar dan tidak keropos untuk dimanfaatkan karena kandungan alaminya masih maksimal. Bawang merah bermanfaat untuk batuk berdahak, masuk angin dan kutu air.

    Untuk batuk berdahak yang tak kunjung sembuh, campur 4 gr bawang merah, daun pegagan, daun sembuh, daun poko dan air. Direbus semuanya lalu biarkan sampai dingin, air rebusan diminum setiap pagi lakukan selama 14 hari. Untuk masuk angin, ambil 6 butir bawang merah campur dengan kapur sirih secukupnya lalu remas-remas dan oleskan di punggung, tengkuk, perut dan kaki. Untuk menyembuhkan kutu air, ambil 3 biji bawang merah, cuci dan parut lalu campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa, kemudian didihkan dan oleskan selagi hangat ke sela jari yang terkena kutu air.
  4. Kencur
    Kencur yang berkhasiat tinggi adalah rimpag kencur yang dipanen pada umur sekitar 11 bulan. Kencur dapat bermanfaat untuk mengatasi penyakit: sakit kepala, kesleo, dan radang lambung.

    Untuk mengatasi sakit kepala, gunakan 2-3 helai daun kencur lalu ditumbuk dan oleskan di dahi untuk kompres. Untuk kesleo, 1 rimpang kencur dihaluskan campur beras lalu dengan sedikit air, oleskan pada bagian yang kesleo. Untuk radang lambung, 2 rimpang kecil kencur sebesar ibu jari di bersihkan kulitnya lalu dikunyah, telan airnya dan buang ampasnya, kemudian minum air hangat.
  5. Kunyit
    Kunyit sangat baik dimanfaatkan unutk kesehatan, nutrisi maksimal akan muncuk jika kunyit dipanen saat musim kemarau. Kunyit dapat mengatasi penyakit disbetes tipe 1, nyeri haid, dan memperlancar siklus menstruasi.

    Untuk mengatasi penyakit diabetes tipe1, ambil 3 rimpang kunyit dan 1/2 sendok garam, masukkan ke dalam 1 liter air dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusan ketika sudah dingin 2x seminggu minimal 1/2 gelas setiap minum. Untuk masalah nyeri haid, ambil 1 rimpang kunyit, campur dengan kencur dan jahe kemudian diparut dan ambil airnya, seduh dengan air hangat tembahkan air jeruk lalu minum. Untuk memperlancar haid, ambil 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 lembar daun srigading, tumbuk semuanya sampai halus lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, dan minum sehari sekali.
Demikian tadi beberapa manfaat tanaman obat yang mungkin dapan berguna untuk kesehatan kita. Untuk jenis tanaman umbi seperti bawang putih, bawang merah, kunyit dan kencur anda sebaiknya menanam langsung di tanah (tidak menggunakan polybag) agar perkembangan umbi dapat maksimal.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Saya telah menerbitkan ulasan tentang manfaat buah naga untuk kesehatan, mungkin anda tertarik untuk membacanya silahkan. 

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 5 Tanaman Obat Yang Wajib Ada Di Rumah yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Tanaman obat merupakan alternatif obat kimia yang mahal. Selain itu menanam tanaman obat juga dapat berfungsi sebagai apotek pribadi keluarga. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top