Resep Puding Buah Segar dan Sehat

Resep pudding buah sebenarnya tidak rumit. Dasar dari pembuatan pudding adalah penggunaan agar-agar dan cetakan, selanjutnya karena ini namanya pudding buah maka bahan dasarnya adalah buah dengan agar-agar. Pudding buah yang akan kita buat mengandung banyak nutrisi terutama serat. Agar-agar sendiri mengandung serat yang banyak apalagi ditambah dengan buah-buahan, artinya ketika kita memakan pudding buah itu sama saja kita memakan dobel serat. Ini sangat baik untuk sistem pencernaan kita.

puding buah segar


Selain sehat, pudding buah juga enak dan segar. Hampir semua orang dijamin suka dengan yang namanya pudding buah, apalagi memakannya selagi masih dingin dihidangkan sebagai makanan penutup, wah segerrrr banget rasanya. Baiklah, pada artikel ini kami akan sajikan kepada teman-teman tentang resep sederhana membuat puding buah yang segar, sehat dan tentunya alami. Ada pun resep yang kami berikan nanti dapat teman-teman variasikan sesuai dengan kreatifitas teman-teman.


Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • Air putih sebanyak 0,5 liter
  • Agar-agar dengan minimal 2 variasi warna, misalkan merah dan putih masing-masing 1 bungkus
  • Vanili sebagai penambah aroma
  • Gula pasir yang putih sebanyak 200 gr
  • Susu cair sebanyak 0,5 liter
  • Air perasan buah yang ingin kita jadikan rasa dominan
  • Buah-buahan seperti strawbery, anggur, pepaya, semangka, mangga, dll (sesuai keinginan) dipotong kecil-kecil

Selanjutnya mari kita lakukan proses pembuatan puding buah segar alami ini:

  1. Masak air putih, susu, gula pasir dan agar-agar satu jenis warna
  2. Masukkan potongan buah ke dalam cairan agar, lalu diamkan sampai teksturnya keras
  3. Ulangi langkah ke 1 dan ke 2 untuk jenis agar-agar lainnya (warna lainnya)
  4. Lalu siramkan di atas agar yang telah mengeras tadi
  5. Lakukan hal ini sampai dengan berapa lapis yang teman-teman inginkan
  6. Simpan di dalam freezer
  7. Setelah dingin, pudding buah siap dihidangkan
Mudah sekali bukan? Nah, teman-teman bisa melakukan variasi terhadap jenis buah, cetakan, warna pudding dan rasa yang di inginkan sesuai selera teman-teman. Yang jelas pada resep puding buah kali ini kita telah membuat sebuah makanan sehat, segar dan alami karena di dalamnya kita tidak memasukkan sedikitpun bahan pengawet atau perisa makanan. Jadi puding buatan kita ini dijamin sehat.

Puding Buah Untuk Bayi

puding untuk bayi

Untuk membuat puding buah khusus bayi sebenarnya tidak jauh beda dari resep di atas. Kita tinggal melakukan variasi nutrisi saja. Susu cair dapat kita ganti dengan susu formula khusus bayi, kemudia vanili dapat kita tinggalkan karena pencernaan bayi masih sangat sensitif. Buah-buahan yang kita gunakan juga harus jenis buah yang lembut dan halus seperti pepaya dan pisang. Jangan gunakan buah-buahan keras seperti durian, nanas, atau yang lainnya yang bersifat panas di lambung. Hal ini karena pencernaan bayi masih belum terlalu kuat untuk menetralisir asam makanan tersebut.

Puding buah untuk bayi sangat penting apalagi jika bayi susah makan sayur dan buah. Sehingga dengan bentuk puding maka bayi akan lebih suka sehingga asupan nutrisi buah dan sayur dapat terjaga.

Demikian artikel tentang resep puding buah segar dan alami semoga dapat bermanfaat buat teman-tema semuanya. Baca juga artikel kami tentang obat jerawat alami, yah mungkin sekedar pengatahuan atau dapat bermanfaat nantinya.

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Resep Puding Buah Segar dan Sehat yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Resep puding buah yang segar dan alami, tanpa pengawet atau bahan perisa. Sehat untuk anda dan anak-anak. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

1 comments:

Back to top