Jenis Tanaman Hias Asli Indonesia

Memelihara tanaman hias di rumah atau kebun kita sudah menjadi hoby untuk beberapa kalangan. Bahkan ada tanaman hias yang nilainya sampai ratusan juta rupiah, dan orang-orang rela merogoh koceknya hanya untuk dapat merawat tanaman ini di rumah atau kebunnya. Nah teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang beberapa jenis tanaman hias asli Indonesia yang patut kita banggakan.

Tanaman hias merupakan tanaman yang dibudidayakan di sekitar rumah, biasanya ukurannya jauh lebih kecil dari aslinya, yang biasa juga disebut bonsai. Beberapa varietas tanaman kayu yang jika di alam normal dapat tumbuh besar, maka dengan teknik bonsai akan tumbuh dalam kondisi pendek tetapi menyerupai kondisi normalnya.

Berikut ini beberapa refrensi tanaman hias asli Indonesia yang mungkin dapat anda kembangkan:
  1. Pohon Trembesi
    Tanaman yang satu ini merupakan tanaman jenis kayu yang dapat hidup sampai puluhan tahun umurnya. Dengan teknik bonsai maka trembesi dapat kita bentuk menjadi tanaman hiasyang mampu berfungsi menyerap karbon dioksida sehingga membuat udara sekitar menjadi segar dan baik untuk manusia.
  2. Tanaman Kopi
    Kopi adalah tanaman tahunan penginggalan belanda, tanaman perkebunan ini memiliki struktur kayu yang kuat dan keras. Untuk membuatnya menjadi tanaman hias, kita perlu membudidaya atau mencari tanaman kopi yang masih kecil, sehingga dapat dibentuk menjadi tanaman hias yang cantik dan unik.
  3. Tanaman Asam
    Tanaman asem sering saya jumpai di pinggir jalan yang berguna untuk penghijauan. Namun beberapa waktu lalu saya menemukan tanaman asem dengan bentuk bonsai, luar biasa cantiknya, seolah kekekaran yang tersampaikan tetap mencolok walaupun bentuknya kecil.
  4. Pohon Apel
    Pohon apel memang dapat tumbuh baik di daerah yang dingi, tetapi adaptasi sebenarnya dapat tumbuh di hampir semua lingkungan. Untuk dapat merawat tanaman apel kita harus menyiapkan bibit apel yang sudah siap, lalu tanam di kebun, karena adaptasinya akan kurang bagus bila di tanam di dalam pot.
  5. Anggrek
    Indonesia merupakan negara yang kaya akan varietas tanaman anggrek. Beberapa anggrek yang terkenal dan mudah dibudidayakan di kebun anda adalah anggrek bulan. Kita hanya butuh menyediakan dinding dan media tanam, lalu menyiramnya seiap hari.
  6. Pohon kedondong
    Pohon kedondong yang di tanam di pot akan tumbuh dengan ukuran mini. Lalu akan dapat berbuah ideal, sehingga selain bentuknya unik, kita juga dapat menikmati buah kedondongnya tanpa haru memanjat.
  7. Pohon Rambutan
    Memang mungkin jarang sekali ya tanaman rambutan dijadikan tanaman hias, tapi coba anda tanam satu atau dua tanaman rambutan di sisi kanan dan kiri kamalan anda, anda akan terpukau ketika musim panen rambutan tiba. Akan ada penampakan yang canti, merah dan rindang yang menyejukkan mata menggiurkan lidah.
Selain tanaman-tanaman yang telah saya bahas di atas sebenarnya masih banyak tanaman asli Indonesia yang dapat anda gunakan sebagai tanaman hias. Jika ada tambahan refrensi silhak saja tambahakan melalui komentar blog ini atau langsung kontak kami.

Selamat berkreasi dan memulai kehidupan alami anda di ruma bersama tanaman hias asli Indonesia yang tidak akan pernah ada habisnya karena kita lestarikan.

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Jenis Tanaman Hias Asli Indonesia yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Jenis tanaman hias asli Indonesia banyak sekali, berikut beberapa refrensi tanaman hias indonesia yang dapat anda bawa di kebun anda Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

1 comments:

  1. Tanaman nya pada bagus juga tuh buat hiasan rumah :)
    http://goo.gl/0NX6cN

    ReplyDelete

Back to top