Tanaman Hidroponik Sederhana di Rumah

Jika kita menghadapi masalah tidak adanya lahan untuk berkebun menanam sayuran atau tanaman buah-buahan, maka cara bercocok tanam hidroponik mungkin dapat menjadi alternatifnya. Budidaya tanaman hidroponik sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita cukup menyediakan media air untuk pertumbuhan tanaman.

Tanaman Hidroponik di Rumah
Tanaman hidroponik adalah tanaman yang memiliki adaptasi baik terhadap kondisi lembab. Keinginan kita untuk mendapatkan sayuran organik namun terbatasnya lahan, kita bisa coba cara ini, bahkan di teras rumah. Karena media budidaya utamanya adalah air, maka asupan nutrisi ke tanaman hampir semua melalui air, dimana dengan air maka sistem transport akan lebih cepat, sehinga diharapkan tanaman dapat tumbuh dengan sehat.

Menanam sayuran dengan cara hidroponik tidak memerlukan pemakaian herbisida dan pestisida, sehingga hasil panen yang dihasilkan tidak mengandung residu zat kimia, hal ini sangat baik untuk kesehatan kita dan keluarga.

Tanaman hidroponik tidak memeiliki akar yang besar dan panjang, ini karena nutrisi yang tersedia di air sudah cukup untuk memenuhi proses metabolisme tanaman. Dan kebanyakan tanaman hidroponik dapat tumbuh dua kali lebih cepat daripada tanaman yang ditanam di tanah. Selain itu, tanaman hidroponik juga sangat ramah lingkungan, karena tidak perlu penyiraman setiap hari.

Pada artikel ini akan saya berikan tips membudidayakan tanaman hidroponik sederhana di rumah anda. Untuk awal belajarlah menanam tanaman sayur yang mudah tumbuh, perawatan mudah dan umur panen genjah seperti sawi, selada, bayam, cabe, dll. Baiklah, berikut beberapa alat dan bahan yang harus anda siapkan:
  1. Botol air minral kemasan 1 liter dipotong tengahnya
  2. Nutrisi hidroponik
  3. Pecahan batu bata
  4. Kain pel atau sumbu
Selanjutnya lakukan langkah berikut:
  1. Beri lubang kecil di pinggir pada potongan botol air mineral untuk sirkulasi udara
  2. Masukkan sumbu/kain pel ke dalamlubang utama botol (ujung)
  3. Gabungkan ujung botol dengan posisi terbalik dengan dasar botol sebagai landasannya
  4. Lalu siram dengan larutan nutrisi hidroponik
  5. Masukkan benih atau bibit di dalam sumbu atau kain pel
  6. Tempatkan di lingkungan yang tidak terkena air hujan langsung tetapi terkena sinar matahari.
Untuk larutan nutrisi hidroponik adalah terdiri dari campuran 20 lt air sumur + 1 kg urea + 1 kg kcl + 1 kg pupuk NPK. Lebih bagus lagi ditambah dengan pupuk daun merk apa saja.

Nah, mudah sekali bukan? Anda bisa nerkreasi dengan menggunakan media lain seperti pipa paralon, jerigen, drum atau benda lainnya yang bisa menampung air. Selamat mencoba :-)

Kemarin saya sudah menerbitkan artikel tentang 5 tanaman obat keluarga dan kegunaannya. Silahkan baca-baca untuk menambah inspirasi anda :-)

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tanaman Hidroponik Sederhana di Rumah yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Cara sederhana membuat tanaman hidroponik di rumah anda. Mudah dan tidak ribet. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top