Manfaat Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang tanamannya banyak tumbuh di Indonesia, harga buah pisang pun termasuk murah. Biasanya buah pisang disajikan atau dikonsumsi sebagai makanan penutup. Pisang banyak mengandung gizi untuk bayi dan orang dewasa. Mungkin anda masih ingat saat bayi, beberapa bubur bayi terkadang dicampur dengan variasi rasa pisang. Atau saat kita mengalami masalah pencernaan, dengan mengkonsumsi buah pisang maka masalah buang air besar dapat terselesaikan.

buah pisang


Manfaat buah pisang sangat banyak, mulai dari yang bersifat membersihkan sampai yang bersifat menguatkan. Baiklah, akan kami jelaskan secara terperinci beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan manusia.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

  1. Untuk Diet Alami
    Buah pisang adalah buah yang kaya akan serat. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin tiap hari akan membantu pengikatan lemak dalam darah. Selain itu serat juga dapat melancarkan proses sekresi di tubuh kita, maka racun-racun yang menumpuk dapat dikeluarkan dengan maksimal. Untuk diet, sebaiknya imbangi dengan olah raga dan istirahat yang teratur.

  2. Mengatasi Masalah Pencernaan
    seperti dijelaskan di paragraf sebelumnya,buah pisang kaya akan serat alami yang sangat berguna untuk melancarkan buang air besar.
  3. Mengobati Sakit Maag
    Di dalam buah pisang mengandung zat penangkal asam lambung  penyebab nyeri atau sakit maag. Jika anda mengalami sakit maag, makanlah buah pisang lalu minum air hangat, hal ini dapat meredakan rasa sakit di perut secara berangsur.
  4. Mengobati Jerawat dan Menghaluskan Kulit
    Buah dan kulit pisang dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan mengobati jerawat. Hal ini karena pisang mengandung vitamin E. Untuk mengobati jerawat haluskanlah buah pisang lalu oleskan di bagian wajah yang terkena jerawat sebagai masker selama 15 - 20 menit. Untuk menghaluskan wajah oleskanlah bagian dalam kulit pisang ke seluruh bagian wajah, diamkan 10 - 15 menit lalu bilaslah dengan air hangat.
  5. Meningkatkan Semangat dan Mood
    Di dalam buah pisang mengandung potasium yang sangat baik untuk meningkatkan energi sehingga membuat anda terlihat dan merasa bersemangat.
  6. Menyembuhkan Luka Bakar
    Buah pisang juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar, caranya hampir sama dengan cara untuk mengobati jerawat. Haluskan buah pisang lalu oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Kulit yang terkena luka bakar akan terasa lebih dingin dan dapat sembuh.
  7. Sumber Energi Tambahan
    Mengkonsumsi dua buah pisang sehari dipercaya dapat meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Buah pisang mengandung karbohidrat yang berfungsi sama dengan nasi, sebagai sumber energi tubuh kita.
  8. Mengurangi Nyeri Haid
    Jika anda mengalami nyeri haid, sebaiknya coba mengkonsumsi buah pisang. Maka akan terasa efek relaksasi di rahim anda dan rasa nyeri dapat menurun secara berkala.
  9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Tekanan darah tinggi umumnya diakibatkan oleh penebalan pembuluh darah oleh lemak. Nah, buah pisang mengandung serat tinggi yang dapat bekerja mengikat lemak dalam pembuluh darah dan membuangknya bersama dengan proses sekresi. Sehingga aliran transport darah melalui pembuluh darah akan berjalan normal.
  10. Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Serangga
    Gigitan nyamuk di kulit meninggalkan rasa gatal dan panas yang diakibatkan racn nyamuk. Ini dapat dinetralisir dengan dara mengoleskan buah pisang yang telah dihaluskan.
  11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Buah pisang mengandung banyak vitamin A, B,C dan E. Yang semuanya dapat berfungsi meningkatkan daya imun serta kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit.
  12. Nutrisi Tinggi Untuk Ibu Hamil
    Buah pisang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, karena pisang mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat ini berguna untuk proses pembentukan sel-sel janin, sehingga kecukupannya dapat mencegah resiko cacat bawaan pada janin. Selain itu dengan mngkonsumsi buah pisang 2 biji sehari akan mencegah morning sick di kandungan ibu.
  13. Mengatasi Anemia
    Buah pisang mengandung zat besi. Penderita anemia sangat membutuhkan asupan zat besi dalam darah yang lebih. Dengan mengkonsumsi minimal 2 buah pisang makan kebutuhan zat besi dalam darah akan terpenuhi.
  14. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
    Buah pisang dengan serat alami yang halus dapat berfungsi sebagai zat pembersih dalam tubuh kita. Serangan jantung yang diakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah yang mengarah ke jantung atau biasa disebut serangan jantung coroner dapat diantisipasi. Karena buah pisang dapat membersihkan kotora-kotoran yang berpotensi menyumbat pembuluh darah.
Sebenarnya masih banyak manfaat buah pisang yang lainnya untuk tubuh kita. Tetapi mungkin itu tadi yang paling sering masalah yang kita jumpai. Mulai sekarang siapkan buah pisang setiap hari di menu makan anda. Selain murah, rasanya juga enak kan?

Semoga artikel ini dapat berguna dan semoga anda sehat selalu. Baca juga artikel kami tentang resep pudding buah sederhana yang sehat dan alami. Cocok untuk menu pembuka makan anda.

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Manfaat Buah Pisang yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Manfaat buah pisang mulai dari buah dan kulitnya sangat banyak. Khasiat buah pisang tidak hanya untuk masalah pencernaan saja. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top