Ini Alasan kenapa Anda Wajib Mengkonsumsi Beras Organik

Beras organik merupakan beras yang ditanam dengan menggunakan teknik pertanian organik, yaitu suatu teknik pertanian yang bersahabat dan selaras dengan alam, berpijak pada kesuburan tanah sebagai kunci keberhasilan produksi yang memperhatikan kemampuan alami dari tanah, tanaman dan hewan untuk menghasilkan kualitas yang baik bagi hasil pertanian maupun lingkungan.




Berikut adalah beberapa alasan bagi kita untuk disarankan mengkonsumsi beras organik

Kenapa memilih beras organik?
Karena beras organik dihasilkan lewat proses yang relatif bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya. Proses di sini mulai dari penyiapan lahan, penentuan benih, pemupukan, pengairan, panen, penjemuran, penggilingan, dan seterusnya. Beras organik relatif aman untuk dikonsumsi, karena ditanam secara organik atau tanpa pengaplikasian pupuk kimia dan pestisida kimia. Keunggulan beras organik dibandingkan dengan beras non organik di antaranya beras organik relatif aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung residu bahan kimia, tekstur nasi dari beras organik lebih pulen, warna dan masa simpannya lebih baik dibandingkan dengan beras non organik.

Apa manfaat mengkonsumsi beras organik?
Minimal mencegah racun masuk ke dalam tubuh kita, sebab beras organik tidak tercemar pestisida, pupuk kimia, dan bahan berbahaya lainnya. Selain itu, dengan mengkonsumsi beras organik, kita juga turut membantu menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan petani organik.

Apa perbedaan rasa antara beras organik dengan beras non-organik?
Beras organik memiliki rasa yang relatif lebih enak dan pulen. Selain itu, karena dihasilkan melalui proses yang alami, beras organik lebih tahan lama (saat telah dimasak) dibandingkan beras non-organik. Beras organik memiliki kadar lemak lebih rendah dibanding beras non organik. Sedangkan kadar protein, mineral dan vitamin lebih tinggi. beras organik mempunyai kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada beras non organik. Kandungan karbohidrat dan protein pada beras organik lebih mudah terurai/dicerna oleh tubuh. Sedangkan kandungan karbohidrat dan protein pada beras non organik tidak terurai/tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Kenapa beras organik lebih mahal dibandingkan makanan non-organik?
Karena tingkat permintaan (demand) terhadap makanan organik lebih tinggi dibandingkan ketersediaan (supply). Sesuai prinsip ekonomi, apabila suatu barang yang dibutuhkan masyarakat jumlahnya sedikit, maka harganya jadi naik. Selain itu, karena proses pengerjaannya lebih sulit dan beresiko gagal panen. Beras organik diproduksi tanpa menggunakan pestisida dan bahan kimia berbahaya. Hal tersebut menyebabkan lebih banyak waktu dan tenaga yang diperlukan oleh petani organik.


Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ini Alasan kenapa Anda Wajib Mengkonsumsi Beras Organik yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Beras organik merupakan beras yang ditanam dengan tanpa pestisida, salah satu jenisnya adalah beras merah organik. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top