Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji Yang Menakjubkan

Psidium Guajava L adalah nama ilmiah dari tanaman jambu biji atau yang secara internasional disebut guava fruit. Jambu biji banyak tumbuh di Indonesia dengan baik, tanaman ini beradaptasi sangat bagus di datarang rendah sampai dataran tinggi. Selain itu, juga dapat tumbuh di tanah yang liat apalagi tanah gembur. Jambu biji memiliki beberapa kelebihan, antara lain buahnya dapat dimakan sebagai buah segar, dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman. Selain itu, buah jambu biji bermanfaat untuk pengobatan (terapi) bermacam-macam penyakit, seperti memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol, antioksidan, menghilangkan rasa lelah dan lesu, demam berdarah, dan sariawan. Selain buahnya, bagian tanaman lainnya, seperti daun, kulit akar maupun akarnya, dan buahnya yang masih muda juga berkhasiat sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan penyakit disentri, keputihan, sariawan, kurap, diare, pingsan, radang lambung, gusi bengkak, dan peradangan mulut, serta kulit terbakar sinar matahari.



Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan Manusia

Buah jambu biji juga asam amino (triptofan & lisin) dan pektin. Serat di dalam buah merupakan serat yang larut dalam air, terutama di bagian kulitnya sehingga dapat mengganggu penyerapan glukosa dan lemak yang berasal dari makanan dan membuangnya ke luar tubuh. Saat ini, buah jambu biji telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah.  

Jambu biji juga mengandung banyak kalsium (jarang pada buah lainnya), Vitamin A, Vitamin B, zat besi, fosfor, potasium, dan kaya akan serat. Untuk yang suka berdiet, buah jambu biji hanya mengandung 25 kalori. Kandungan gizi dalam 100 gram jambu biji disajikan pada Tabel 1. Kandungan potasium dalam jambu biji sekitar 14 mg/100 gram buah. Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel- sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Kandungan Vitamin C pada buah jambu biji sangat tinggi, yaitu 87 mg per 100 g buah Jambu Biji. Jumlah tersebut dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100 g), lima kali lipat dari orange, serta delapan kali lipat dari lemon (10,5 mg/100 g). Dibandingkan jambu air dan jambu bol, kadar vitamin C pada jambu biji jauh lebih besar, yaitu 17 kali lipat dari jambu air (5 mg/100 g) dan empat kali lipat dari jambu bol (22 mg/100 g). Untuk mengobati penyakit tertentu, lebih disukai buah jambu biji yang daging buahnya berwarna merah. Vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler: mencegah anemia gizi, sariawan, gusi yang bengkak dan berdarah (penyakit skorbut); serta mencegah tanggalnya gigi.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Baru-baru telah banyak dikembangkan pemanfaatan daun jambu biji untuk mengatasi beberapa penyakit. Namun sebelum itu perlu kita ketahui dahulu apa aja sih kandungan yanga da di dalam daun jambu biji ini? sehingga dapat dijelaskan secara logis bagaimana efek mengkonsumsi daun jambu biji untuk kesehatan manusia. 


Daun jambu biji mengandung tanin, minyak atsiri (eugenol), minyak lemak, damar, zat samak, triterpenoid, asam malat dan asam apfel. Pada beberapa penelitian terbaru ternyata daun jambu biji juga mengandung polifenol. Daun jambu biji memiliki karakter yang sedikit kasar berwarna hijau tua dan memiliki tulang daun tegas serta berasa manis. Berikut adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan:

Mengobati Diare Akut

Daun Jambu Biji banyak mengandung quercetin yang dapat membantu sebagai anti-diare. Pemanfaatan daun untuk pengobatan diare dapat dilakukan dengan cara memetik daun jambu biji segar sebanyak kurang lebih 30 gram, dan segenggam tepung beras digongseng sampai kuning. Selanjutnya direbus dalam dua gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, di saring dan air saringannya diminum. Cara ini dilakukan 2-3 kali dalam sehari.

Mengobati Perut Kembung pada Anak

Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, lima butir adas, dan 1/2 jari kulit batang pulosari yang dipotong kecil-kecil, lalu cuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut direbus dalam 2 cangkir air sampai tersisa satu cangkir. Setelah dingin, disaring dan air saringannya digunakan sebagai obat. Cara pemakaiannya, bayi umur 3 bulan 5-7 kali sehari (masing-masing satu sendok), bayi umur enam bulan 3 kali sehari (masing masing satu sendok makan), anak umur 3 tahun 3 kali sehari (masing-masing 2 sendok makan), dan anak diatas 3 tahun 1 kali sehari (satu cangkir).

Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebanyak 7 lembar daun jambu biji yang segar, 2 genggam daun ceremai dan 10 lembar daun sirih (ketiganya herbal segar ya), dicuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Pada saat merebus panci harus ditutup rapat. Setelah dingin, disaring, dan air saringannya diminum pagi dan malam hari, masing-masing ¾ gelas. 

Mengobati Sering Buang Air Kecil (anyang-anyangen)

Segenggam daun jambu biji segar dan tepung beras digongseng sampai kuning. Selanjutnya direbus dalam 3 gelas air sampai air rebusannya tersisa setengahnya. Setelah dingin, disaring, dan air saringannya diminum sehari 3 kali, masing-masing setengah gelas.

Mengobati Luka dan Mengatasi Sariawan

Daun jambu biji yang baru dipetik diambil secukupnya sesuai besarnya luka, kemudian dicuci. Selanjuntnya ditempelkan pada luka, dan dibalut dengan perban. Perban dan ramuan tersebut diganti 3 kali sehari sampai lukanya sembuh. Untuk pemakaian luar, daun yang masih segar direbus, dan air rebusannya digunakan untuk mencuci luka. Cara lainnya adalah dengan menggiling daun segar sampai halus, lalu bubuhkan pada luka berdarah akibat kecelakaan dan benda tajam atau borok disekitar tulang.

Mengobati Demam Berdarah

Manfaat daun jambu biji untuk demam berdarah telah banyak diteliti, pemberian ekstrak kering daun jambu biji selama 5 hari mempercepat pencapaian jumlah trombosit > 100.000/µl, pemberian ekstrak kering setiap 4-6 jam meningkatkan jumlah trombosit > 100.000/µl setelah 12-14 jam, tanpa menimbulkan efek samping yang berarti. Dengan demikian, ekstrak daun jambu biji dapat digunakan untuk pengobatan kuratif demam berdarah. Untuk meraciknya, di ambil daun Jambu Biji sebanyak 3-5 lembar, di rebus dengan air sebanyak 2 gelas lalu diminum setiap 4 jam.

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji Yang Menakjubkan yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Manfaat ajaib buah jambu biji dan daun jambu biji untuk mengobati berbagai penyakit seperti demam berdarah, sariawan, kanker, kolesterol, dll Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top