8 Ramuan Obat Alami Herbal untuk Beberapa Jenis Batuk

Batuk adalah respon tubuh terhadap benda asing di dalam tubuh kita, penyebab batuk ada banyak, dapat berupa adanya gangguan tenggorokan, radang, alergi atau adanya penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan manusia. Batuk adalah penyakit yang umum dan hampir semua orang pernah mengalami, tetapi jika batuk berlangsung cukup lama bahkan sampai bertahun-tahun itu artinya ada semacam penyebab atau penyakit yang masih berada di dalam tubuh manusia.


Tidak jarang batuk datang disertai dengan gejala yang lain seperti flu, pilek, sesak nafas, badan panas dan lain-lainnya. Pada artikel ini kami ingin menjelaskan tentang macam-macam jenis batuk yang datang disertai oleh gejala lainnya. Selain itu, kami juga ingin memberikan solusi pengobatan batuk tersebut dengan menggunakan bahan alami sehingga mudah, murah dan aman untuk jangka panjangnya.

Obat batuk alami yang diberikan terhadap masing-masing jeis batuk berbeda, jadi sangat penting untuk kita mengenali terlebih dahulu jenis batuk yang diderita. Berikut ini adalah beberapa jenis batuk yang banyak diderita dan obat alaminya:

Batuk Biasa

Parut sebanyak 3 jari kencur menggunakan alas daun pisang kemudian campur dengan air putih sebanyak 3/4 gelas kecil. Kemudian diperas menggunakan kain bersih, lalu diminum dengan dosis 1 sendok makan sebanyak 4-5 kali sehari.

Batuk pada Anak-Anak

Iris 1 buah bawang merah menjadi 4 bagian, kemudian pukul-pukul 1/4 biji buah pala hingga menjadi bagian yang lebih kecil seperti kerikil halus, Selanjutnya campurkan bawang merah dan buah pala tadi dengan segenggam belibing wuluh, 1 sendok gula batu dan 1/4 cangkir air putih lalu dikukus selama sekitar 1 jam. Setelah dikukus, peras semua campuran tadi dan airnya diminum pada waktu pagi dan malam sebeum tidur.

Batuk Karena Masuk Angin

Bahan yang digunakan adalah 1 sendok air perasan jeruk nipis, 4 sendok air matang dan 1 sendok kecap dan madu. Semua bahan tersebut dicampur dan diminum untuk sekali minum. Obat batuk alami ini dapat digunakan untuk anak-anak dan dewasa, tetapi dosis nya yang berbeda. Untuk anak-anak diminum 4 x 1 sendok teh, sedangkan untuk orang dewasa diminum 4 x 1 sendok makan.

Batuk Disertai Pilek

Ambil dan bersihkan masing-masing 3 jari jahe dan sereh kemudian gula jawa secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan 3 cangkir air putih hingga mendidih dan tinggal setengah dari air rebusan awal atau kira-kira 1 cangkir. Satu ramuan ini dianjurkan untuk sekali minum, dan dosis yang baik adalah minum 3 kali sehari untuk dewasa dan setengah dosisi untuk anak-anak.

Obat Oles untuk Batuk Pilek Disertai Suara Serak

Obat batuk herbal untuk batuk yang disertai pilek dan serak ini adalah campuran dari kapur sirih, minyak kayu putih dan jeruk nipis. Campurkan 3 sendok air perasan jeruk nipis, 1/2 sendok teh minyak ayu putih dan 3/4 cangkir kapur sirih dan aduk hingga berbentuk seperti pasta. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan ramuan di leher, dada dan punggung, namun jika terasa panas atau terjadi iritasi pada kulit sebaiknya hentikan pemakaian dan hubungi dokter.

Obat Minum untuk Batuk Pilek Disertai Serak

Bahan-bahan yang digunakan untuk minuman obat batu pilek dan suara serak adalah pegagan dan jeruk nipis. Cara pembuatannya adalah setegah genggam pegagan direbus dengan 3 cangkir air putih hingga tersisa 1 cangkir, kemudian tambahkan 3 sendok air perasan jeruk nipis pada larutan pegagan tadi yang telah dingin dan diminum 2 kali sehari untuk 1 gelas.

Batuk Disertai Asma

Pegagan, gula batu dan madu adalah bahan alami utama untuk obat batuk yang disertai asma. Cara meramunya adalah pegagan sebanyak 1 genggam yang telah dicuci bersih ditumbuk hingga halus kemudian campur dengan air matang secukupnya lalu disaring sehingga didapatkan cairan ekstrak pegagan yang bening. Untuk meminumnya tambahkan gula batu atau madu dan diaduk sampai larut. Cara minum yang baik adalah sebelum sarapan pagi dan dilakukan setiap hari sampai sembuh, sedangkan untuk perawatan cukup seminggu sekali.

Batuk Pilek Berlendir

Ciri paling terlihat pada batuk ini adalah batuk dengan disertai keluarnya lendir, kepala pusing, badan panas dan hidung tersumbat. Bahan yang digunakan adalah akar manis cina, daun poko dan air putih. Rebus 3 jari akar manis cina dengan 3 genggam daun poko menggunakan 2 cangkir air putih hingga didapatkan 1 cangkir laruan. Ramuan herbal ini diminum 2 kali sehari pada saat sebelum sarapan dan malam hari sebelum tidur. Manfaat lain ramuan herbal ini selain untuk obat batuk pilek alami juga dapat menguatkan sistem pernafasan.

Demikian tadi adalah beberapa jenis batuk dan pengobatan alami nya menggunakan bahan-bahan yang mudah kita temukan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan dan mengobati batuk menggunakan bahan herbal/alami. Namun perlu diingat, pengobatan batuk secara alami seringkali tidak berlangsung secara cepat, perlu ketelatenan dan konsisten serta waktu tergantung dari seberapa parah tingkat penyakit yang diderita.

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 8 Ramuan Obat Alami Herbal untuk Beberapa Jenis Batuk yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Obat batuk alami untuk batuk yang disertai pilek, asma dan suara serak, masuk angin dan khusus untuk anak Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top