Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Kita

Manfaat buah semangka sangat banyak tidak hanya pada buahnya saja, tetapi pada bagian putih kulitnya juga. Semangka merupakan buah herbal yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis, kandungan airnya yang banyak, dan kulitnya yang keras berwarna hijau. Kandungan fisik semangka 80% adalah air sedangkan sisanya adalah serat. Manfaat buah semangka yang paling umum diketahui orang adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi semangka secara berlebihan akan berbahaya bagi orang yang menderita anemia atau darah rendah.


Buah semangka mengandung Lycopene yang merupakan senyawa antioksidan yang mampu melawan penyakit jantung dan penyakit kanker. Selain mengandung Lycopene, buah semangka juga mengandung zat Cirtulline. Buah semangka cocok tumbuh di daerah dengan udara kering yang miskin uap air (di daerah asalnya, Afrika, merupakan padang pasir).

Manfaat utama buah semangka secara umum adalah:
  1. Bersifat menyegarkan dan mengenyangkan perut
  2. Air dan kalium dapat menurunkan tekanan darah
  3. Anti oksidan dan vitamin C nya membantu tubuh mempertahankan kesehatan
  4. Merangsang air seni sehingga baik untuk ginjal
  5. Penurun demam dan pencegah sariawan
  6. Likopen utk menangkal radikal bebas yang bersifat karsinogenik

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Pada ibu hamil hal yang paling banyak terjadi adalah adanya pembengkakan pada kaki dan tangan atau biasa disebut dengan edema. Dengan mengkonsumsi semangka maka resiko penyumbatan aliran darah di pembuluh dan otot dapat dikurangi sehingga dapat membantu menurunkan intensitas edema pada ibu hamil. Selain edema, pigmentasi pada ibu hamil juga dapat diatasi dengan memakan buah semangka. 

Prosedurnya adalah melalui khasiat semangka sebagai serat alami yang melancarkan pencernaan, sehingga dapat menjaga gerakan di usus halus yang gerakan tersebut sangat penting untuk kondisi kulit. Kandungan likopen pada semangka dapat menjaga kesehata jantung ibu hamil dan janin, selain itu kandungan kalium juga membantu proses pembentukan tulang serta menguatkan persendian pada sang ibu.

Senyawa karoten di dalam semangka berfungsi sebagai antioksidan alami yang sangat berguna bagi ibu hamil dan janinnya dalam menangkal radikal bebas sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Buah semangka juga dapat menjaga kesehatan ginjal dengan cara melancarkan pembuangan urine. Dengan mengkonsumsi semangka di pagi hari dapat mengatasi gejala "morning sickness" pada ibu hamil, efek kesegarannya meningkatkan gairah dan semangat untuk beraktifitas.

Manfaat Semangka Untuk menurunkan Kolesterol

Kolesterol sangat berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi. Asal muasal terjadinya penyakit kolesterol adalah berasal dari pola makan seseorang. Kolesterol merupakan lemak jahat yang berada di aliran darah sehingga dapat menyumbat aliran darah, jika itu terjadi di pembuluh darah yang mengarah ke otak maka akan terjadi penyakit stroke, dan jika terjadi pada pembuluh darah yang mengarah ke jantung maka akan terjadi jantung coroner

Dengan mengkonsumsi semangka, anda akan mendapatkan hasil yang bagus terhadap penurunan tekanan darah. Semangka dengan likopen nya dapat membuat darah lebih encer dan mengikat lemak di dalam darah sebagai biang kolesterol. Sehingga dengan mengkonsumsi semangka dapat menjadi usaha prefentif untuk anda agar tidak terserang penyakit kolesterol.

Masih banyak sekali khasiat buah semangka untuk menjaga kesehatan tubuh kita, tentu saja pada takaran dan pola makan yang teratur. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Kita yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Manfaat buah semangka untuk menurunkan darah tinggi, kolesterol, ibu hami, dan mencegah sariawan Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top