Tampil Cantik dan Awet Muda dengan 7 Bahan Alami ini

Bagi para wanita, tampil cantik adalah sebuah kodrat yang telah dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa. Namun terkadang wanita mengalami beberapa masalah di wajahnya sehingga dapat memudarkan pesona kecantikan tersebut. Kosmetik adalah sebuah alat untuk meningkatkan aura kecantikan seorang wanita.

Sudah sejak jaman dahulu kala manusia menggunakan kosmetik untuk kecantikan. Seiring dengan perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan, maka berkembang pula bahan-bahan pembuat kosmetik. Yang sangat perlu diwaspadai adalah penggunaan bahan kimia sintetis pada kosmetik yang memberikan efek instant tetapi sangat berbahaya bagi wajah teman-teman dalam jangka panjang.


Sebenarnya wanita dapat tampil cantik dengan bahan alami yang mudah kita dapatkan di sekitar kita dan tidak perlu mengeluarkan dana sampai jutaan rupiah untuk membeli kosmetik di toko kecantikan. Indonesia adalah tanah subur yang menjadi surga tanaman tropis sehingga kita dapat menemukan banyak tanaman yang dapat berfungsi sebagai kosmetik dari bahan alami.

Beberapa masalah yang umum terjadi di wajah adalah komedo, jerawat, kusam dan kering. Masalah-masalah tersebut biasanya akibat aktivitas yang dilakukan seperti kegiatan di luar ruangan yang terkena sinar terik matahari dan debu. 

Kosmetik dasar adalah yang bersifat membersihkan. Membersihkan wajah yang kotor dan kusam setelah beraktivitas adalah cara paling awal sebagai pencegahan terjadinya jerawat dan wajah kering.

Bahan Pembersih dan Pemutih Wajah Alami

Apel, mentimun, madu, minyak jarak, oatmeal, tepung almond dan tomat adalah sebagian bahan alami yang mudah kita dapatkan untuk pembersih wajah. Agar lebih jelas dan mendalam, mari kita bahas satu per satu:

1. Buah Apel, Minyak Zaitun dan Yogurt

Buah apel mengandung banyak vitamin A,B dan C. Selain itu apel juga mengandung zat polifenol yang dapat menjadi antioksidan alami. Kalau teman-teman memiliki masalah kulit wajah kering dan kusam maka dapat dicoba racikan biah apel untuk membersihkan wajah.

Pertama-tama siapkan bahannya 2 buah apel, minyak zaitun, madu dan yogurt. Kemudian campur dan blender jadi satu sampai halus, jangan ditambah dengan air! Cara penggunaanya adalah dengan mengoleskan ke wajah dalam keadaan bersih, didiamkan selama 5-10 menit kemudian basuh dengan air hangat. Wajah teman-teman akan merasa lebih segar dan lembab.

2. Buah Mentimun, Yoghurt dan Daun Mint

Mentimun telah dipercaya dapat memberikan kesegaran alami pada wajah sejah dulu. Mentimun kaya akan mineral alami seperti kalium, magnesium dan silika yang dapat memutihkan dan mencerahkan kulit wajah.

Siapkan timun yang telah dikupas kulitnya dan yoghurt tanpa rasa ditambah dengan 5 lembar daun mint yang telah di potong-potong. Blender semua bahan hingga sangat halur, kemudian oleskan pada wajah teman-teman dan diamkan selama kurang lebih 5 menitan lalu bilas dengan dengan air hangat.

3. Madu

Madu adalah bahan alami yang banyak memiliki khasiat untuk berbagai macam penyakit, selain itu madu juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih wajah alami. Madu dapat berfungsi sebagai antiseptik yang membunuh bakteri jahat di kulit wajah, juga bersifat moisturizing yaitu dapat melembutkan kulit waja, selain itu juga dapat melepaskan sel-sel kulit mati yang ada di wajah dengan lembut. Yang lebih penting lagi madu dapat digunakan untuk hampir seluruh jenis kulit.

Untuk menggunakan madu pada wajah teman-teman tidak peru menambahkan bahan lainnya. Teman-teman hanya perlu menyiapkan air hangat untuk bilas nantinya. Ambil 1 sendok teh madu kemudian oleskan ke wajah yang telah bersih kemudian ratakan sambil dipijat lebut, diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Minyak Jarak

Penggunaan minyak jarak berbeda tergantung dari jenis kulit wajahnya. Untuk kulit wajah normal gunakan 1,5 sendok teh, untuk kulit kering gunakan 1 sendok teh dan untuk kulit berminyak gunakan 2 sendok teh.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak jarak pada wajah saat sebelum tidur, diamkan salama 1-2 menit kemudian bersihkan dengan handuk yang telah dicelup air hangat.

5. Oatmeal dan Tepung Almond

Oatmeal dan tepung almond memiiki pernanan yang berbeda tetapi saling mendukung. Oatmeal dapat bekerja sebagai pembersih dan tepung almond sebagai pengangkat sel-sel mati di wajah. Cara penggunaanya cukup mudah, yaitu gunakan formula 60:40 antara almond dan oatmeal, kemudian campur dengan air mineral lalu haluskan. Gunakan sebagai masker wajah, maka sel kulit mati akan terangkat sehingga wajah teman-teman menjadi bersih kinclong.

6. Tomat dan Jeruk

Buah tomat sangat kaya akan vitamin C dan likopen yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Penggunaan tomat untuk pembersi wajah dapat dikombinasi dengan jus jeruk atau lemon. Cara membuatnya adalah dengan mencampur 1 biji buah tomat segar yang berwarna merah, 2 sendok jus jeruk dan 2 sendok susu cair murni lalu haluskan dengan blender. Pemakainnya sama dengan pembersih wajah sebelumnya yaitu dengan cara dioleskan pada wajah, diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika formula alami ini masih ada, dapat disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan kembali nantinya.

7. Bengkoang

Buah bengkoang merupakan buah dari umbi-umbian segar yang banyak mengandung serat dan air. Kandungan utama bengkoang untuk pembersih wajah adalah saripatinya. Cara mendapatkannya adalah dengan memarut bengkoang lalu diparut, kemudian hasil parutannya diperas. Air hasil perasan tersebut didiamkan selama beberapa jam sehingga saripatinya mengendap. Setelah didapatkan sari pati bengkoang, maka oleskan saripati tersebut di wajah dan didiamkan selama 5 menit lalu bilas. Saripati bengkoang juga dapat dijemur agar memiliki daya simpan yang lama.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

Setelah membahas tentang pembersih wajah alami, sekarang kita bahas tentang masalah wajah lainny ayitu "komedo". Sebenarnya komedo dapat muncul tidak di wajah saja, tetapi juga dapat muncul di lengan, punggung, dada dan bahu. Penyebab utama komedo adalah tidak normalnya kelenjar minyak pada kulit tubuh kita sehingga menghasilkan minyak berlebih yang akhirnya menyumbat pori kulit. Komedo sering juga disebut sebagai jerawat mini.



Mari kita temukan solusi untuk komedo dengan yang alami saja:

1. Buah Lemon

Lemon merupakan buah segar dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Penggunaannya untuk menghilangkan komedo hitam cukup ampuh. Cara aplikasinya sangat mudah, cukup ambil 1 buah lemon segar kemudian belah menjadi 2 bagian, lalu oleskan pada wajah yang sebelumnya telah dibasuh air hangat. Oleskan secara perlahan terutama pada daerah yang ada komedonya selama 3-5 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat populer untuk menumbuhkan dan menghitamkan rambut, tetapi manfaat lain dari tanaman ini sebenarnya sangat banyak, salah satunya untuk mengangkat komedo.

Caranya hampir sama seperti penggunaan buah lemon. Sebelumnya bersihkan wajah dengan sabun muka sehingga tidak ada kotoran atau minyak di wajah. Kemudian belah lidah buaya sehingga didapatkan gel (bagian dalam) lalu oleskan secara merata ke wajah dan bagian yang ada komedonya, lalu diamkan hingga mengering sekitar 5 menit. Selanjutnya basuhlah wajah dengan air hangat, wajah akan terasa lebih segar dan komedo akan terangkat.

3. Putih Telur

Putih telur adalah 100% protein golongan albumin. Namun masalah utama jika menggunakan putih telur untuk masker adalah bau amisnya, betul? Nah, untuk menghilangkan bau amis itu mudah sekali, cukup tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis pada putih telur yang telah dikocok. Kemudian oleskan putih telur ke bagian wajah yang ada komedonya (lebih efektif menggunakan kuas) dan pijiy-pijit lebut. Diamkan sampai terasa kaku, kurang lebih selama 10 menit. Bersihkan menggunakan air hangat atau facial foam.

4. Buah Pepaya

Kandungan utama pepaya dalam tujuan mengagkat komedo pada wajah secara alami adalah vitamin E dan serat. Selain untuk pemakaian luar, mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dapat melancarkan sekresi sehingga resiko tersumbatnya pori-pori wajah penyebab komedo akan hilang. Ambil daging buah pepaya yang telah matang sekitar 1 gelas lalu haluskan dengan campuran 1 sendok bubuk kopi murni. Haluskan hingga adonan merata seperti bentuk pasta. Oleskan secara merata dan berikan pijitan lebut di area wajah yang ada komedonya. Diamkan selama 5 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Serbuk kompi dan pepaya ini merupakan masker wajah alami yang baik untuk membersihkan komeda dan membersihkan wajah dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah.

5. Serbuk Gandum

Sari gandum memiliki fugsi yang baik untuk wajah, tidak hanya dapat mengangkat komedo tetapi juga memutihkan kulit. Cara penggunaan gandum untuk menghilangkan komedo cukup mudah. Bersihkan dahulu wajah anda dari kotoran, kemudian siapkan gandum dengan kualitas paling baik dan dicampur dengan air hangat, lalu aduk rata. Oleskan adonan tersebut ke wajah teman-teman dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas lagi dengan air hangat. Cukup mudah bukan?!

6. Kulit Jeruk

Kulit jeruk seringkali berakhir di tempat sampah karena kebanyakan orang belum tahu apa manfaatnya. Kulit jeruk banyak mengandung pektin dan minyak atsiri yang sangat baik untuk perawatan wajah secara alami. Minyak atsiri yang berasal dari kulit jeruh dapat berfungsi sebagai penghilang stress dan anti bakteri sehingga dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Teknik penggunaan kulit jeruk untuk mengatasi komedo adalah dengan membentuknya menjadi scrub dengan tambahan gula pasir. Haluskan kulit jeruh lalu tambah dengan sedikit gula pasir lalu oleskan ke bagian wajah yang ada komedonya, maka komedo akan terangkat bersih.

7. Kacang Kedelai

Pemanfaatan kacang kedelai di Indonesia kebanyakan adalah sebagai bahan baku tempe. Sebenarnya fungsi kacang kedelai untuk kosmetika cukup bagus. Kandungan protein nabati yang tinggi serta serat alaminya baik untuk mengangkat sel mati di dalam pori-pori kulit. Cara penggunaanya adalah dengan menghaluskan kacang kedelai kering kemudian oleskan ke wajah dan didiamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Masih banyak lagi tanaman atau bahan alami lainnya yang dapat kita jadikan bahan kosmetik alami agar mendapatkan wajah cantik tanpa bahan kimia (alias cantik alami). Jika teman-teman mempunyai tambahan dari yang telah saya sebutkan diatas silahkan isi di kolom komentar ya. Semoga ulasan tentang masker dari bahan alami ini dapat bermanfaat.

Ditulis Oleh : Movies Now ~ AlamiLagi

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tampil Cantik dan Awet Muda dengan 7 Bahan Alami ini yang ditulis oleh ALAMI LAGI yang berisi tentang :Tampil cantik alami adalah idaman semua wanita. Mneggunakan pemutih, pembersih atau masker sintetis sangat bebahaya. Temukan solusinya di sini. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ALAMI LAGI

0 comments:

Post a Comment

Back to top